29 November 2014

Bersyukur Itu Perlu

Oleh:
Lilih Putri Pratiwi




Mengeluh, mengeluh dan mengeluh mana ada manusia yang tak jarang untuk mengeluh. Termasuk aku ini yang terkadang masih saja mengeluh dengan keadaan. Terutama saat keadaan yang tak menyenangkan sedang terjadi dalam hidup ini. Menganggap segala sesuatunya itu amatlah buruk, dan sering bersuara yang tak masuk akal. Lenguhan-lenguhan kecil yang terpupuk sedikit demi sedikit lama-lama pun menjadi bukit. Bagai beban yang semakin lama terbentuk seperti punuk punggung onta di Mesir.

Hei, berpikirlah hidup bukan hanya tentang untuk mengeluh saja. Itu bagian dari ujian maupun cobaan dari Tuhan kepada kita. Tuhan mungkin sayang dengan kita, melalui ujiannya aku diajarkan untuk bertahan, untuk seberapa tawakalnya aku padaNya, untuk seberapa kuatnya aku menghadapi segala ujian dengan rasa sabar, untuk menguji seberapa banyak aku mengeluh daripada aku menahan bantingan dariNya.

Terkadang aku bertanya dalam hati, apakah dengan mengeluh semuanya dapat teratasi atau malah tambah ngerasa berat. Jawabannya tentu saja akan terasa lebih berat daripada tidak mengeluh sama sekali. Tuhan selalu bersama orang yang selalu berusaha dan berdo’a dan aku percaya itu. Rasa syukur atas nikmat yang diberikan padaNya untukku akan lebih jauh lebih membuat hidup lebih nikmat dirasa dibandingkan jika aku selalu mengeluh.


Terima kasih Ya Allah atas segala anugrah dan nikmat-nikmat yang telah engkau beri untukku. Bimbinglah hamba agar tidak menjadi manusia yang banyak mengeluh lagi,  dan bimbinglah hamba untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi.  Karena bersyukur itu memang perlu untuk mengurangi segala macam keluhan atas hidup ini. :)

0 comments:

Post a Comment